Perawatan Gigi - Pengalaman Scalling Gigi di RSGM UGM

    Scalling alias membersihkan karang gigi ternyata nggak semengerikan yang dibayangkan. Sejak sekian tahun lalu sebenarnya aku pengen bersihin karang karena you knowlah banyak menyebabkan masalah kalau nggak segera ditangani. Yang paling mengganggu adalah bau mulut yang kayak bangke sampai gusi sering berdarah. Sebenarnya pengen scalling setelah aku perawatan saluran akar di tahun 2016 akhir. Tapi karena ngebanyanginya udah ngeri duluan dan searching di internet ada yang kudu dikuretase dan lain sebagainya aku jadi semakin takut. Apalagi sebelum aku perawatan gigi di RSGM UGM ini dulu pernah periksa ke dokter gigi FASKES dan katanya harus di kuret. Demi apa udah keder duluan. 

    Kenapa akhirnya aku berani scalling? Pertama, gangguan sendi rahangku (TMJ) mulai suka kumat. Dan ketika aku balik periksa ke bedah mulut pasti ditagih buat cabut gigiku yang impaksi. Jadi, waktu aku perawatan saluran akar (PSA) dan di rongten gigi bungsuku empat-empatnya ketahuan tidur semua dan nggak mau bangun!! Haha. Gigi bungsuku nggak mau tumbuh semua jadi terpendam di bawah gusi. Dan kata dokternya harus dicabut gitu biar hasil PSA-ku nggak rusak dan suatu saat nggak menimbulkan masalah lain. Nah sebelum cabut gigi itu sebaiknya scalling dulu. Bukan scallingnya yang belakangan karena bisa infeksi bekas jahitannya kena kuman-kuman dari karang gigi.

Sumber: Sehatqu.com

    Sehabis maghrib akhirnya aku dateng ke RSGM yang tetap buka di tanggal merah. Cuma sampai sana kondisinya sepiiiii buanget. Cuma ada satu dua pasien. Agak takut tapi lebih takut ngebayangin gigiku bakal dibersihin. Pun kalau nanti gusiku harus dibelek dan lain sebaginya buat ngebersihin karang yang ada didalem gusi yasudah lah pasrahhhh. Ketakutan kalau nggak dihadapi semakin besar ketakutannya. 

    Setelah daftar di resepsionis suruh bayar 3000 aja dan dipanggil masuk keruangan. Aku ditangani sama dokter laki-laki yang udah bapak-bapak. Untunglah bukan residen apalagi kalau residennya mas-mas muda gitu kan malu. 

    Setelah tiduran dikursi dan agak deg-degan aku tanya ke perawatnya, "Sakit nggak mbak?"
"Sakit tapi sedikit. Mbaknya pernah facial?? Ya kurang lebih gitu mbak sakitnya."
Batinku, semoga aja nggak sampai bikin nangis. Karena kalau facial biasanya air mata sampai netes walau nggak yang nangis sesenggukan. 

    Buka mulut dan si dokter bilang kalau karangnya agak banyak. "Ini baru pertama kali ya? Nggak pernah scalling ya sebelumnya?"
"Iya dok.", takut batinku.
"Seharusnya scalling 6 bulan sekali. Jadi rutin dibersihin."
Oalah gitu toh. Aku cuma iya-iya in aja. Next time aku bakal rutin periksa gigi tiao 6 bulan sekali. Ternyata emang penting. Selama ini nunggu ada keluhan sampai paraaahh dan mengganggu dulu baru ke dokter. Kalau udah gitu tinggal ngerasain sakitnya aja lah sama bayar lebih. Kayak yang PSA kemarin. Coba kalau aku nggak nunggu periksa gigi mungkin gigiku nggak bakal sampai mati gitu. 

    Lanjut scalling. Aku lihat alatnya cuma ada 2 sederhana nggak kayak waktu aku PSA yang alatnya berderet-deret belum lagi pakai ditusuk-tusuk. Yang ini sederhana dan dokternya tenang banget. Awalnya nggak ngilu. Skala 3 lah sakitnya paling banter 5 an skala sakitnya. Lama-lama pas bersihin di gigi seri terutama bagian tengah itu ngilu coyy. Tapi masih bisa ditahan. Beneran deh ngilunya sebenernya biasa aja nggak seperti yang dibayangkan. Meskipun berdarah-darah tapi nggak ngerasa darah banget karena ya langsung disedot. Pun air kumur-kumurnya dikasih zat lain entah apaan yang mungkin gunanya biar nggak infeksi kali ya. Sekian menit berlalu meskipun air nyiprat-nyiprat dipipi dan keatas, dokternya tetep tenang banget. Cuma kalau aku pas kelihat agak nyipit gitu dokternya nyaut "Sakit ya mbak" seakan empati gitu. Sukalah dengan penanganannya meskipun mbatin "Nggak lagi-lagi ngerasain scalling sebegininya. Denger suara alatnnya bikin agak pusing dikepala. Dengan pembawaan dokter yang tenang gitu jadi bikin pasien berkurang khawatirnya. Kirain lama banget ternyata nggak terlalu lama. Dibilang cepet ya enggak dibilang lama ya enggak. Perawatnya sempet bilang "Masih setengah jalan ini." Aku pun menghela napas. Eh tapi nggak lama setelah itu selesai. Mungkin sekitar 10-15 menitan proses scallingnya. Yakinlah nggak nyampai 30 menit!! 

    Udah habis itu bayar. Kirain habis banyak karena tadi didalem sempet dibilang karangnya agak banyak. Ternyata bayar 175 ribu. Entah mahal atau murah? Tapi menurutku enggak mahal karena proses cepet dan dokter sama perawatnya enak. Nyedot air-airnya pinter nggak sampai ngerasa mulut penuh kayak waktu aku PSA itu. Coba kalau aku pakai BPJS?? Mungkin harus ribet ke faskes minta surat rujukan blabla. Mungkin ada yang pernah punya pengalaman scalling pakai BPJS bisa sharing di komen. 

    Gitu deh. Habis scalling rasanya ringan mulutnya, enak berasa bersih, dan sayang buat makan. Semoga nggak bau mulut n sering berdarah-darah lagi gusinya. Rencananya besok pagi mungkin bakal main ke bedah mulut buat konsul TMJku. Nanti bakal aku update soal itu dan cerita pengalaman PSA-ku yang dulu sudah berlalu. Haha. Itu pun kalau aku ingat dan mau. 

6 comments:

  1. Waaaa terima kasih sharing nya.. Rencananya dalam waktu dekat ini mau bersihin karang gigi ke RSGM UGM. Info dong, dulu pas dateng di hari apa ya? Jujur aja, agak takut kalau nanti dapetnya resieden, pengen ditangani bapak2 dokter yg tenang juga 😣😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bales. Wah gapapa banget lho dapet residen. Aku aja waktu perawatan saluran akar di RSGM juga sama residen. Dan hasilnya oke juga kok.

      Aku lupa waktu itu datang hari apa. Kalau nggak salah weekdays.

      Delete
  2. bearti yang katanya scalling gigi di hargain pergigi, bener gak tuh? bhakaka harga segitu udah bersihin atas bawah gigi kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Egak pergigi dong. Tapi tingkat keparahan karangnya keknya. Iya itu udah atas bawah.

      Delete
  3. Pake BPJS gratis scalling 1 x setahun. Kalo dlm masa setahun mau scalling lbh dri satu kali, bisa aja, bayar cuman 25rb per kunjungan. Itu pengalaman sy di puskesmas utama Jagoan Magelang. drg nya cekatan dan ramah, peralatan dan ruang periksa nya canggih dan nampak masih baru. Memang jumlah pasien dibatasi sehari cuman bisa nangani 15 pasien. Tapi kalo dtng cepat sekitar jam 7 pagi utk mobil nomor antrian, pasti bisa dapat kok kuota pasien. Bg sy untung benar bisa ikut BPJS dlm hal perawatan gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh makasih ya udah sharing pengalamannya juga.
      Aku sejak SD kalau ada masalah gigi ke puskesmas, karena ibuku kerja di puskesmas juga. Tapi pas udah gede gini ntah kenapa kalau pakai faskes drg di sekitarku rada kurang cocok akunya, jadi memilih langsung ke rumah sakit aja jadi pasien mandiri.

      Delete

Left your words here. . Don't be silent reader ^^ comments are loveable

Powered by Blogger.