8 Hal Penyebab Ketombe

Kebayang nggak kalau kita sering banget garuk-garuk kepala karena kepala memang harus digaruk akibat gatal yang tak tertahankan. Dan ternyata yang membuat kepala gatal itu adalah ketombe. Ugh, perasaan udah sering keramas tapi kenapa masih ketombean? Nah.. apa betul sering keramas itu merupakan cara terbaik untuk merawat kulit kepala kita? Berikut adalah enam penyebab ketombe di kulit kepala kita.

        1.   Terlalu Sering Keramas

Sumber http://images.idiva.com

Karena lagi semangatnya menjaga kebersihan kulit kepala, sampai-sampai keramas tiga kali sehari pun di jabanin! Nahloh, ternyata terlalu sering keramas malah bikin kulit kepala kamu kering dan bisa jadi ketombe.

     2.  Jarang Keramas

Sumber http://www.citacinta.com

Kalau ini kebalikan dari yang atas. Saking sibuknya kuliah, aktif di organisasi ini itu, atau sibuk kerja sana sini, eh lupa deh kalau berhari-hari udah nggak keramas. Iyy, kebayang nggak bau rambut kita kayak apa? Selain itu pasti kepala udah gatel banget rasanya, minta digaruk terus. Karena jarang keramas, maka kulit kepala atau sel-sel yang mati tepatnya bisa jadi cikal bakal ketombe loh. Ayo makanya rutin keramas paling tidak dua hari sekali.

    3.  Cara Keramas

Sumber http://images.bwbx.io

Terkadang ketika kita keramas kita tidak memperhatikan apakah kita membilas kepala kita dengan bersih. Yang penting busanya sudah hilang! Pastikan rambut tidak licin lagi dan tidak ada shampo yang menempel dikulit kepala. Karena, shampo yang tertinggal dikulit kepala bisa menimbulkan jamur lho. Wal hasil ketombean deh!

    4. Produk Perawatan 

Sumber http://www.mineral-makeup-cosmetica.com

Dipasaran banyak banget dijual produk perawatan rambut. Kesalahan dalam memilih produk perawatan rambut bisa bikin kita punya ketombe. Carilah produk perawatan yang cocok dengan jenis rambut kamu. Misal, rambut kamu ketombe coba beli produk yang anti ketombe. Masalah produk perawatan ini adalah perihal cocok-cocokan. Subjektif. Penulis sendiri punya masalah ketombe membandel dan ketika beli suatu produk X anti ketombe dan memakainya malah semakin ketombean. Namun ketika beralih ke produk lain dengan masalah rambut yang lain, justru ketombe ikut hilang. 

     5. Terlalu Sering Memakai Hair Dryer 

Sumber http://www.ihairguide.com
Suhu panas yang ditimbulkan hair dyer akan membuat kuliat kepala menjadi kering dan timbul sel-sel mati. Selain itu rambut pun juga jadi tidak sehat. Keseringan memakai hair dryer dan catok rambut dapat menimbulkan kerontokan pada rambut juga.

    6. Berlebihan Makan Pedas dan Gorengan

Sumber http://orsimages.unileversolutions.com

Hayo... siapa yang suka makan gorengan dan makanan pedas?? *angkat tangan* Penulis pun suka dengan makanan pedas dan gorengan. Meski terkadang perut tidak bisa menolerir rasa pedas walau sedikit, namun makanan pedas memang sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat indonesia termasuk penulis. Padahal makanan pedas dan gorengan merupakan faktor penyebab terjadinya ketombe. Kenapa? Karena kedua makanan tersebut dapat menyebabkan produksi minyak kulit kepala tidak stabil. Kulit kepala bisa menjadi sangat kering atau justru berminyak. 

    7. Konsumsi Gula dan Makanan Panas

sumber http://kawaii.kawaii.at/
Ternyata mengkonsumsi gula dan makanan panas secara berlebihan juga merupakan faktor timbulnya ketombe. Ketika kita mengkonsumsi makanan panas, maka tubuh akan melakukan penyesuaian yang mengakibatkan kulit kepala berkeringat lalu menjadikan kulit kepala lembab. Kalau sudah lembab begitu maka jamur pun mudah muncul. Ketombean deh! :(

   8. Stres

sumber: http://nicholasferguson.org/

Ya! Stres juga berhasil membuat kepala kamu ketombean. Duh,, dimana-mana setres merupakan faktor yang bisa memperburuk kondisi kesehatan. Ketika stres hormon-hormon dalam tubuh pun berpengaruh. Hormon androgen akan memicu produksi minyak dalam kulit kepala, lalu jamur pun akan tumbuh suburrrr. Jadi selalu positive thinking ya guys ketika menghadapi masalah. Jangan sampai setres bikin kepala kamu ketombean.

Sudah tahu kan, penyebab-penyebab ketombe? Yuk kita hindari hal-hal diatas biar ketombe nggak nangkring cantik di kulit kepala kita. :))



*dari berbagai sumber

No comments

Left your words here. . Don't be silent reader ^^ comments are loveable

Powered by Blogger.