Review Novel: Sung Kyun Kwan Scandal

Sung Kyun Kwan ScandalSung Kyun Kwan Scandal by Eun Gwol Jung

My rating: 4 of 5 stars


Kim Yoon Hee. Seorang perempuan dinasti Joseon bekerja keras membantu perekonomian keluarganya. Ia memiliki sEorang adik laki-laki bernama Kim Yoon Shik yang sakit-sakitan. Karena adiknya sakit hingga tak bisa keluar rumah maka Yooh Hee lah yang harus bekerja sendiri di luar rumah sebagai joki ujian dan tukang menyalin buku, sementara adiknya bekerja semampunya menyalin buku dirumah.


Karena hanya laki-laki yang boleh belajar secara formal dab bekerja sebagai tukang salin buku, maka Yoon Hee mau tidak mau menyamar menjadi laki-laki dan menggunakan identitas adiknya. Bahkan ketika adiknya harus mengikuti ujian Yoon Hee harus menggantikannya karena adiknya tidak kunjung sembuh.

Ketika mengikuti ujian, Yoon Hee bertemu dengan Seon Joon, seorang anak mantan menteri yang tanpan. Singkat cerita, mereka berdua lolos ujian dan masuk ke asrama Sungkyungkwan. Mau tak mau Yoon Hee harus masuk ke asrama khusus laki-laki itu untuk mempertanggungjawabkan kepandaiannya lolos ujian. Walau ia takut identitas aslinya terkuak, namun ia memutuskan untuk menjalani perkuliahan di Sungkyungkwan.

Yoon Hee yang terkenal sebagai laki-laki cantik tinggal sekamar dengan Seon Joon dan Geol Oh si Kuda Gila. Tetangga kamar mereka sekaligus senior Seon Joon dan Yoon Hee mencurigai kelaki-lakian Yoon Hee karena ia sangat mengerti perihal wanita. Maka ia memberi tantangan aneh yang membuat Yoon Hee dijuluki sebagai Daemul/lelaki perkasa. Ia mulai yakin Yoon Hee adalah laki-laki walau kadang ia masih mempertanyakan.

Geol Oh, Seon Joon, Yoon Hee, dan Yong Ha sering bermain bersama. Gaya bermain mereka adalah dengan membentuk kelompok belajar. Sekelompok orang pintar yang memiliki karakter unik masing-masing.

Banyak yang mengeluhkan ketidakpahaman pembaca karena istilah-istilah Korea di buku yang tidak diberi footnote, namun sejauh ini masih bisa diterka-terka apa makna istilah tersebut.


Harga novel Sung Kyun Kwan Scandal ini Rp. 59.000 diskon 15% jadi Rp. 50.100
Pertama lihat covernya yang pinky girly gitu aku jadi ngiler. Aku foto deh buat dimasukin ke wishlist. Dan beberapa hari kemudian aku membelinya bersama Moon That Embrace the Sun 1. Novel ini seri 1. Buku keduanya belum diterbitin. Ada yang berkomentar lebih bagus Dramanya dibanding novelnya. Tapi karena aku belum baca novel 2 nya kemungkinan aku lihat dramanya juga setelahnya. Supaya imajinasiku lebih bebas dibanding ketika nonton dramanya dulu baru baca novelnya.



View all my reviews


No comments

Left your words here. . Don't be silent reader ^^ comments are loveable

Powered by Blogger.