Perawatan Gigi - Pengalaman Scaling Gigi di RSIY PDHI

    Setelah menunda-nunda kunjungan ke dokter gigi, dengan alasan terbesar adalah takut sakit dan takut denger alat-alatnya dokter gigi, akhirnya aku nawaitu ke dokter gigi. Kebangetan memang, terakhir ke dokter gigi 2018, dan tahun ini udah 2021. Gusiku udah berdarah-darah tiap hari minta diobatin. Bismillah, daripada semakin parah lagi, aku beranikan diri buat scaling. Toh mau scaling sekarang atau besok tetep ada rasa ngilunya. Kalau ditunda lagi dan lagi juga apa nggak tambah sakit tuh. 

    Sebelumnya aku pernah scaling di RSGM UGM. Beberapa kali kesana buat periksa masalah gigiku. Tapi karena mager, nggak mau ambil resiko jalanan ditutup (sebenarnya juga nggak tahu pasti mana jalanan yang ditutup selama pandemi ini), yaudah aku putuskan buat scaling di RS yang dekat dari rumah. Malam-malam sebelum hari H, aku WA dulu customer service RSIY PDHI. Menurutku customer service rumah sakit ini cukup responsif. Biasanya aku kalau chat malam-malam gitu dan selalu dibalas. Karena aku nggak pakai BPJS, aku tanya dulu berapa biaya scaling disana. Kata CS-nya kisaran Rp 150.000 - Rp 400.000 per geraham. Hmm, pergeraham?? Kalau full semulut parah-parahnya Rp 400.000 x 4 dong?? Itu sih perkiraan kasarku. Tapi semoga nggak sampai segitulah. Aku juga diinfoin jadwal praktek dokternya buat besok. 

Nungguin hasil swab antigen

    Hari H, yakni Kamis 5 Agustus 2021 aku berangkat sekitar jam 1 siang dari rumah. Salahku nggak nanya dulu, sotoy banget langsunglah aku menuju gedung utama yang biasa aku berobat. Sampai disana ditanyain satpam mau ketemu dokter siapa. Aku jawab dong ke poli gigi. Eh, ternyata poli gigi ada di gedung UGD yang didepan, pinggir jalan sono. Yasudah, aku pindah kesana bawa motorku. Sampai disana aku ke pendaftaran, langsung ke lantai 3, naruh berkas di meja, nggak lama di panggil deh. Ditanyain apa keluhannya, aku bilang gusiku suka berdarah nih dok, mungkin karena udah luama nggak scaling. Terus aku suruh duduk dikursi, kumur pakai air yang kayak dicampuri betadin gitu, terus dicek. Nahh, iya aku suruh scaling. Tapi sebelum scaling suruh turun lagi buat swab antigen. Hmmm di era pandemi gini emang kudu dikit-dikit swab ya. Ya salam, budget lagi. Aku sebenernya juga udah ngira sih sebelumnya, nanti bakal disogok nggak yah ini hidung, eh beneran. Udah habis swab, negatif, ke atas lagi dan naruh berkas lagi. Nggak lagi setelah itu dipanggil suruh masuk. Dokter sama perawatnya udah lengkap pakai semacam APD gitu. Sumpah aku deg-degan, nggak tahu ini tindakan sama bu dokternya enak atau enggak, sakit atau enggak, nyaman atau enggak. Bismillah pokoke kudu wani.

    Waktu di RSGM UGM dulu aku scaling dapet dokter yang enak sih menurutku. Dokternya laki-laki dan tenang banget gitu. Tapi mayan agak sering kumur-kumur akunya. Sementara disini, aku nggak sesering itu jeda kumur-kumurnya. Meskipun sebenernya mayan agak parah ni karang gigi karena lama nggak dibersihin dan sembunyi di bawah gusi, tapi dokternya kayak hajarrrr aja. Batinku, ini aku kok nggak disuruh break dulu buat nelen atau kumur-kumur. Kalau mangap terus gitu kan hawanya pengen nelen ya, apalagi kalau ada air didalem mulut. Menurut aku perawatnya cukup sigap sih nyedot airnya, walau ada sekali agak telat, terus akunya langsung bangun dan kumur-kumur tanpa diperintah. Huhu, ya gimana daripada aku nelen banyak air. 

    Sepanjang scaling bu dokter dan perawatnya ngomentari kondisi gigiku. Kalau ditanya ngilu atau enggak? Ya ngilu tapi itungannya wajar. Dan aku suka sama cara kerjanya bu drg. Sikarini ini, cekatan sat set gitu dan cukup hati-hati. Kalau aku bandingin sama scaling pertama di RSGM UGM, masih ngiluan di RSGM UGM. Padahal aku juga cocok lho sama dokter disana yang kayak tangan dingin dan tenang gitu. Tapi di RSIY PDHI ini dokternya juga bagus dan hasilnya juga bersih. Kalau aku nggak salah hitung mungkin tindakannya tadi sekitar 15-20 menit. Ntah kenapa aku berasa lama. Pengen cepet udahan tapi sama si ibunya dibersihin lagi dan lagi. Aku sebenernya nggak tahan sama suara ngiiiiiingg alat scalingnya yang beneran keras suaranya karena deket kuping. Si bu dokternya ngobrol sama perawatnya soal kondisi gigiku aja aku kayak dengar nggak dengar gitu.

    Selesai scaling, masih dalam posisi rebahan di kursi, aku disikatin giginya sama bu dokter. Bu dokter ngejelasin cara nyikat gigiku yang bener gimana. Selama ini cuma tahu sekilas teorinya aja, kalau yang ini sekalian dipraktekin sekalian diajarin. Nyikatnya satu arah, perbagian dijelasin begini ya caranya, begitu ya caranya, lidahnya juga dibersihin ya karena lidahnya juga kotor. Iya gimana nggak kotor, tiap aku bangun tidur tu kayak ngemut darah. Kalau meludah warnanya udah warna darah dan dimulut tu pait-pait. 

    Aku juga diedukasi buat kunjungan scaling lagi jangan lebih dari setahun. Idealnya emang 6 bulan sekali ke dokter. Terus kata dokternya gigiku ini potensi karang giginya gede karena nggak rapih, jadi bersihinnya susah. Aku disaranin ke spesialis orthodontist juga kalau ada niatan buat behel biar giginya lebih rapih dan lebih mudah dibersihin. Bismillah, nabung yuk. Selain itu masih ada peer lagi sebenernya, karena aku punya gigi bungsu 4 yang terpendam di gusi dan itu impaksi/ posisinya tidur semua, ada kemungkinan itu dicabut sama dokter bedah mulut. Nahkan, deretan peer perawatan gigiku masih panjang. Yah, intinya peerku selanjutnya konsul dulu ke ortho, kalau emang disuggest buat cabut impaksinya baru ke bedah mulut. Please, aku sih nggak berharap ke bedah mulut buat cabut giginya. Sebenernya dulu waktu ke RSGM UGM aku sempet udah mau tindakan buat cabut 2 gigi. Udah masuk tuh ke ruangan, pas mau dimulai eh dicek ada gigi bolong yang mesti perawatan saluran akar. Heheh, jadi diundur deh cabut giginya. Lagian aku juga emang awalnya ngeluh soal gigi bolongnya eh malah waktu rontgen ketahuan impaksi, jadi diping-pong. Untunglah ditunda cabut giginya dan sampai saat ini aku mangkir. Hehehe. 

    Balik lagi ke scalingku tadi, setelah selesai urusanku sama drg. Sikarini dan "dioleh-olehi" sikat yang buat nyikat gigiku tadi, aku turun ke kasir. Hmmm inilah saat-saat menegangkan. Ntah kenapa tiap di kasir RS tuh selalu was-was ini habisnya bakal berapa ya. Tolong please jangan sampai bikin kantong jebol. Ini dia rincian biaya yang aku habiskan buat scaling gigi atas dan bawah:

Kamar/ Akomodasi Rp 10.000

Prosedur non bedah Rp 406.000

Tenaga Ahli Rp 15.000

Laboratorium (Swab Antigen) Rp 125.000

Total Rp 556.000

    Alhamdulillah cukup terjangkau menurutku. Oya, tambah parkir Rp 2000. Hehe. Aku nggak tahu ya kalau pakai BPJS bisa dicover seberapa scalingnya. Entah berdasarkan tingkat keparahan atau frekuensi kunjungan scalingnya. Mungkin kalau ada pembaca blog ini yang punya pengalaman scaling pakai BPJS bisa share juga di kolom komen buat insight. Tapi aku prefer nggak pakai BPJS karena aku anaknya males prosedural/ buang waktu cari rujukan dulu ke faskes. Hmm. Jadi yaudahlah jalur pasien umum aja meskipun rada deg-degan sampai kasir.  


No comments

Left your words here. . Don't be silent reader ^^ comments are loveable

Powered by Blogger.