Mahasiswa Tingkat Akhir

Sekarang tiap kali ada orang tanya, “Sekarang semester berapa sih?” aku selalu mikir lama buat ngejawab pertanyaan tersebut. Aku sendiri seringkali lupa semester barapa aku sekarang. Paling gampang jawab “aku angkatan 2012”. Itung aja sendiri semester berapa. Bahkan terkadang ketika mereka mengetahui aku angakatan 2012 muka mereka seakan mengatakan “Wahhh sudah semester sepuh!” nggak gitu juga keles, aku aja masih ngerasa baru kemarin ngejalanin ospek. Haha 

Tapi emang nggak nyangka ya waktu berjalan begitu cepat(emang waktu punya kaki ya?). KKN yang dulu pernah aku bayangkan seperti apa, bagaimana menjalani hidup ditengah masyarakat asing, kini sudah aku lewati. Nih, baru siang tadi aku ambil sertifikatnya. Kalau gak dapet wanti-wanti suruh buruan ambil sertifikatnya karena bapak penjaganya keburu pensiun juga kagak aku ambil-ambil. Dan ternyata memang pak penjangan sudah sepuh. Terus... Praktek kerja lapangan juga udah aku jalani. Tinggal nyelesein satu mata kuliah wajib yang itu pun dosennya cuti melahirkan. Rasanya pengen aku teriak di pinggir tebing “Apa cuma gue mahasiswa rasa pengangguran???” Eh~ jangan-jangan emang aku sebenarnya pengangguran yang bersembunyi dibalik status mahasiswa??

Untunglah setelah menyelesaikan praktek kerja lapangan, aku ditawari untuk lanjut magang kerja. Walhasil aku nggak nelangsa banget gitu yang kerjaannya duduk termenung di lorong fakultas lihatin temen-temen sibuk wira-wiri sana-sini buat ngajuin judul skripsi. Weitssss skripsi??? Makanan apa itu? Bahkan diantara temen-temen udah ada yang mau seminar proposal. Sementara aku? Oke skip. Seakan hina banget gitu kalau mahasiswa seangkatan kita kagak sok-sokan mulai mikir ngerjain skripsi. “Lu mau lulus tahun berapa? Lu mau jadi mahasiswa abadi kah? Ah lu males banget sih gak mau nyicil skripsi dari sekarang!” oke fine gue emang males! Puas lu!!

Aku risih denger pertanyaan orang “Kapan skripsi?” giliran udah skripsi ditanya “Kapan wisuda?” giliran udah wisuda ditanya “Sekarang kerja dimana?” dyarrrr baru deh kelimpungan jawab “Belum kerja, masih dirumah, masih sibuk lamar sono-sini, dst.” Kata di buku Catatan Akhir Kuliah "Sarjana yang baik bukanlah yang memiliki IPK kumlot atau lulus cepat. Sarjana yang baik itu mereka yang nggak bingung ketika ditanya: setelah lulus mau ngapain?" Gue mau nikah sama cowok ganteng soleh pinter kaya raya. hahaaa *evil smirk*
 
Disisi lain aku iri lihat update status temen-temen seangkatan dikampus mantan. Secara, karena angkatan 2011 udah lumrah mereka pada lulus dan pada punya kerjaan yang aman. Yahh paling enggak jadi guru-lah. Sementara gue?? Sekarang ini masih bau kencur banget, udah kuliah mundur, menjajal peruntungan dibidang yang baru aku tekuni pula. Tapi yaudahlah, namanya orang hidup mung sawang sinawang. Rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. (Makanya dong rumput sendiri dirawat, disiramin, dikasih pupuk, kalau perlu dicat sendiri biar lebih ijo.)

Menjawab pertanyaan bapak, ibuk, pakde, bude, bulik, om, adek, kakak, mas, mbak, pacar kalau punya siapa pun yang tanya ke gue “Skripsinya udah sampai mana?” Aku jawab: Skripsinya masih transit di bandara Soekarno Hattta  baru sampai tahap mengumpulkan niat memikirkan judul skripsi. Hmm
Mohon doanya ya, pak, buk, mbak, mas, bro, sis, yang(eyang maksudnya) biar Iefa bisa ngerjain skripsi dengan legowo dan nggak frustasi yang berujung beli skripsi. Dan bagusnya lagi skripsinya emang bermanfaat, bukan sekedar tulisan basa-basi yang berfungsi menambah koleksi perpus semata. -.- 

Dulu ketika belum memasuki jenjang perkuliahan pikiranku mencibir “Apa sih sulitnya skripsi? Kok pada molor kuliah nggak lulus-lulus cuma gara-gara nggak selesai-selesai atau parahnya nggak mulai-mulai ngerjain skripsi??” Ternyata aku sendiri pun sekarang mengalami rasa abot e memulai nggarap skripsi. Terlebih karena dipikiranku sekarang skripsi tak lebih dari tulisan syarat buat kelulusan semata. Ntulah... Kalau ada cara selain skripsi yang dijadikan syarat kelulusan misalnya tinggi-tinggian life style point di Sims FreePlay, mungkin aku akan mempertimbangkan untuk memilih cara lain tersebut.

No comments

Left your words here. . Don't be silent reader ^^ comments are loveable

Powered by Blogger.