Tes Toefl ITP Pertama

Awwww  TOEFL. Denger tulisan (hah gimana tuh dengernya?) TOEFL bikin perut laper. Iya itulah kesan plus kenyataan yang terjadi pada saya mengenai TOEFL. Kalau belajar bahasa inggris bagian reading apalagi yang long bikin perut cepet laper. Setelah menjalani tes TOEFL yang durasinya 2 jam, juga jadi laper.

Ini kali pertamanya saya ikut tes TOEFL beneran dari ETS. Masa berlaku hasil tesnya itu 2 tahun. Sebelumnya pernah ikut tes ekuivalensi TOEFL, hasilnya cuma dapet 433. Yahh emang dah lama nggak temenan sama bahasa inggris, dan saat itu banyak banget jawaban ngawur terutama listening dan reading yang panjang-panjang. Listening; jarang latihan jadi hampir semua kagak ngeh speakernya ngomong apaan. Long reading passage; nah ini nih yang nyebelin makanya jarang dilatih, ngerjain jadi gausah baca soal tinggal lingkarin opsi aja. (◕︵◕)

Selanjutnya 3 Maret kemarin ikut TOEFL ITP yang bayarnya IDR 275.000. Habis bayar dikasih semacam lembar sample soal test yang juga berisi tata cara pengisian LJK plus tata tertib.

Hari H test. JEEGGGLERR! *Biasa aja kalik* Huft soal listeningnya nyebelin. Aku ngerti setidaknya lebih ngerti dari test ekuivalensi kemarin. Percakapannya sebenernya simple, sayangnya otakku belum pinter buat membagi tugas. Saat speakernya ngomong mata juga sambil baca opsi jawaban yang sampai D. Nah itu gimana coba mau konsen baca atau ngedengerin? Alhasil kalau bisa denger gatau opsinya. Bisa baca opsi sama aja gak konsen dengerin omongannya. *Ya baca opsinya sebelum soal selanjutnya tiba dong!* ehh nggak sempet. Jeda speaker ngomong itu nggak lama. Huft, tambah lagi kalau suara speakernya ngebass gitu, mau denger susah. *Ni dasarnya saya yang belom advanced ya juga kali ya?* Yah gitu deh, akhirnya saya hanya bisa pasrah setelah berusaha(usahanya kurang kenceng ya?) dan berdoa.
Latihan buat test TOEFL itu nggak bisa instant. Butuh proses, biasakan diri sama yang namanya bahasa ingris!

Huft, akhirnya amplop keramat ini sampai ditangan










Pasrah deh dengan hasilnya,


berharap dewi fortuna berpihak padaku?


Lahh, kenal aja enggak..



Tuh kan.. hasilnya emang begini... scoreku cuma 450


Ga kurang gak lebih




Okelah gapapa, first try..

More practice ya..

Kata Lee Young Jay "Rajin! Rajin!"


Kata Hang Ji Eun "Semangat! Semangat!




















Rajin!


   Rajin!


      Semangat!


        Semangaaat!


No comments

Left your words here. . Don't be silent reader ^^ comments are loveable

Powered by Blogger.